Wednesday, May 5, 2010

Modes

Modes, mengutip definisi dari Pocket Music Dictionary

" A type of scale with a specific arrangements of intervals "

ke 7 modes dalam ionian system mempunyai jarak2 interval yg membuat masing2 modes mempunyai warna sendiri.

apa fungsi modes? modes berfungsi sebagai coloring atau pewarna, modes akan memberi warna pada solo anda, tentu saja jgn asal ngewarnain, tp liat juga chord dan chord degree nya.

modes bermula pada masa paus gregory, krn itu modes ini nama panjang nya adalah Gregorian Modes, lazim juga disebut Ionian System. pada jaman paus gregory, musisi gereja menggunakan nya dalam nyanyian2 pujaan dalam bentuk chanting.

karena modes adalah pewarna, masing2 modes mempunyai warna yg khas, yah masing2 orang punya definisi sendiri akan warna itu, punya cara pandang sendiri dlm melihat warna itu, tapi yg menyatukan semua cara pandang itu adalah Function Harmony

Ionian = Degree I
Dorian = Degree II -
Phrygian = III -
Lydian = IV
Mixolydian = V dominant
Aeolian = VI -
Locrian = VII dim.

secara standar dan natural, kalo di suatu lagu kita bertemu degree II - misalkan, solo anda tidak mungkin fals jika menggunakan dorian. untuk tingkat yg lebih advance kita bisa kelompokan mana saja modes2 yg termasuk major, dan mana yg minor, jadi untuk tingkat yg lebih advance, kita bisa saja solo di degree II - menggunakan aeolian.

Penggunaan Modes :

kalo lagu nya masih di satu key, penggunaan modes gampang sekali, misal ada progresi :

C F G C

kalo di analisa secara degree, progresi tsb ada di key of C, dgn degree I IV V I, karena itu solo nya ketika di C ( I ) = C Ionian, F ( IV ) = F lydian, G ( V ) = G mixolydian dan kembali ke C Ionian. kalo solo gak perlu harus dimulai dari root, malah jadi hambar kalo mulai dari root, misal ketika di F ( IV ), kita bisa solo dgn memulai dari nada G ( option 9), ato dari D (option 13) dll, dari F jg gak masalah, tp rasa nya hambar aja, krn chord nya udah F, lalu kita teken F juga, jd gak ada perluasan harmony.

itu yg basic, gimana kalo ketemu progresi spt ini :
| Dm7 | G7 | Cm7 | F7 | Fm7 | Bb7 | Cmaj7 | Ebm7 | Dm7 | Cmaj7

kalo udah bisa nganalisa progresi diatas, pasti pemahaman nya akan modes udah bener.. hehehe.

selain basic seven ionian system modes, harmonic minor juga mempunya 7 modes, melodic minor jg akan punya 7 modes. seru kan musik? hahahaha.....

oh iya, untuk solo supaya enak dan nyambung bikin lines nya, cara nya adalah, misalkan nih :

C Am

maka di C kita pake C ionian, dan di Am kita pake A aeolian. ketika akan pindah ke Am, tentuin target not nya, elo mo maen nada apa di ketukan 1 ketika di Am, let's say elo mo ambil 9 nya, which is nada B. maka nada terakhir ketika di C jgn ambil jauh2, bisa elo ambil C (jarak minor 2nd), ato ambil D jg gpp (minor 3rd), tp jangan ambil G satu oktaf diatas, jd nya jomplang dan keputus, kalo ambil G yg dibawah B (jarak major 3rd), masih gpp. Jadi ketika solo itu elo harus bener2 dlm keadaan sadar mo ngapain, jgn ngelamun hahahaha, inti nya gitu aja sih. coba di dengerin baek2 juga, krn kuping kita itu setting default nya dari Tuhan pasti akan bisa ngenalin mana nada2 yg logis, mana yg gak logis.

No comments:

Post a Comment