Saturday, December 12, 2009

Elang Botak (Haliaetus Leucocephalus)

Elang Botak (Haliaetus leucocephalus) merupakan salah satu jenis elang yang terkenal. Elang asal Amerika Utara ini memiliki ciri yang khusus, yaitu bulu-bulu di bagian kepala dan ekor yang berwarna putih. Ciri khusus lainnya ialah, warna kuning cerah pada paruhnya.
Elang Botak biasanya hidup di daerah perairan, baik itu sungai maupun danau. Ini disebabkan elang botak hidup dengan memangsa berbagai jenis ikan yang hidup di wilayah seperti itu.
Salah satu wilayah yang memiliki banyak Elang Botak ialah Alaska di Amerika Serikat. Mengapa demikian?
Penyebabnya, diwilayah ini terdapat banyak perairan yang kaya dengan ikan.

○ Si Pemangsa

Elang Botak di kategorikan sebagai burung pemangsa. Ia memburu mangsanya dengan cara menyambar ikan-ikan yang muncul di sekitar permukaan air. Setelah berhasil menyambar ikan dengan cakarnya, Elang Botak membawa hasil buruannya itu ke tempat lain untuk memakannya. Paruh tajam Elang Botak yang berbentuk kail memudahkan ia mencabik mangsanya.

○ Simbol Penting

Secara umum burung Elang dianggap sebagai simbol kegagahan,kekuatan dan kebebasan. Begitu pula dengan Elang Botak, Elang Botak dianggap sebagai hewan yang gagah,penuh kekuatan,dan membuat gentar hewan lain. Karena itu, Amerika Serikat memakai elang jenis ini sebagai lambang negara. Lambang ini digunakan sejak tahun 1782.

○ Fakta Menarik

Elang Botak bisa terbang dengan kecepatan 50km per jam. Sedangkan kecepatan saat meluncur memburu mangsa bisa mencapai 120km per jam.


Ensiklopedia Frisian Flag

No comments:

Post a Comment